Upaya UNICEF Di Indonesia

Program UNICEF di Indonesia - Tentunya bro-sis sudah tahu dong dengan organisasi yang bergerak di bidang sosial yang satu ini. Ya UNICEF, seperti yang sudah saya singgung pada artikel sebelumnya lihat disini, bila UNICEF itu memiliki program penting di Indonesia.

Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah baiknya bila bro-sis mengetahui terlebih dahulu tentang UNICEF ini. Kita flashback dahulu di artikel sebelumya. Bila UNICEF ini merupakan sebuah organisasi dari PBB yang menangani masalah anak-anak dan perempuan di seluruh dunia.

UNICEF Sudah Lebih Dari 60 Tahun di Indonesia

Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia 

Di Indonesia sendiri UNICEF sudah ada sejak tahun 1948, itu artinya UNICEF sudah lebih dari 60 tahun telah menjangkau anak-anak di Indonesia. Saya belum lahir itu mah, haha. Tapi hal tersebut dilakukan dengan cara bantuan pembangunan dan kemanusiaan.

Tapi bukan hanya itu saja bro-sis, UNICEF hadir di Indonesia karena ingin memastikan bahwa tidak ada anak-anak yang tertinggal. Ini lah yang menjadi prioritas UNICEF berada di Indonesia.

Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia

Nah yang menjadi pertanyaan lalu tindakan nyata apa saja yang dilakukan oleh UNICEF untuk anak-anak di Indonesia. Berikut adalah Program UNICEF Untuk Anak-Anak di Indonesia.

1. Perlindungan Anak

Tujuan dari program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia yang satu ini adalah untuk menjaga anak-anak di Indonesia supaya aman dari kekerasan, penelantaran dan eksploitasi. Namun tentunya UNICEF tidak semudah itu melakukan semua itu tentunya ada rintangan yang memang telah diketahui sebelumnya. [sumber]

Hal ini dilakukan dengan menghasilkan bukti-bukti yang dapat diandalkan untuk mendukung informasi dalam advokasi. Diantaranya adalah seperti berikut ini:
  1. Mereformasi undang-undang dan memperbarui kebijakan sesuai dengan standar HAM internasional
  2. Mengembangkan pakar profesional perlindungan anak
  3. Penyaringan serta pelacakan anggaran untuk meningkatkan manajemen keuangan publik bagi anak-anak

2. Kesehatan

Tujuan program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia yang satu ini adalah untuk memberi peluang terbaik untuk bertahan hidup bagi anak-anak. Lalu apa saja tantangan dari UNICEF dalam melakukan upayanya dalam bidang kesehatan untuk anak-anak Indonesia?
Berikut upaya UNICEF Indonesia dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia.
  1. UNICEF melakukan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses ke layanan berkualitas bagi ibu, bayi baru lahir dan anak-anak, terutama yang paling rentan.
  2. Di tingkat nasional, UNICEF mendukung pemerintah dengan memperkuat sistem kesehatan supaya bisa mencapai cakupan kesehatan universal. Dukungan ini termasuk memfasilitasi penyusunan kebijakan kesehatan berbasis bukti yang dapat diandalkan dan komprehensif, perencanaan program dan penganggaran.

3. Pendidikan

Program Pendidikan UNICEF untuk Anak-Anak Indonesia 

Program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia dalam sektor pendidikan bertujuan untuk membantu anak-anak dan remaja menjadi yang terbaik sesuai kemampuan mereka.

UNICEF bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dan kualitas pendidikan untuk anak-anak yang paling terpinggirkan. Biasanya yang berusia 3-18 tahun, termasuk anak-anak dengan disabilitas dan mereka yang berada dalam situasi kemanusiaan.

4. Nutrisi

Program UNICEF untuk anak-anak di Indonesia dalam sektor nutrisi ini bertujuan untuk mengatasi beban ganda malnutrisi di Indonesia.
Adapun beberapa perhatian UNICEF di sektor nutrisi ini adalah sebagai berikut:
  1. Bertubuh pendek (Stunting)
  2. Bertubuh kurus (Wasting)
  3. Kegemukan dan obesitas pada orang dewasa

5. Wash

Program Wash UNICEF di Indonesia

Program UNICEF di Indonesia yang satu ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih untuk hidup, bermain, dan belajar bagi anak-anak.

UNICEF mendukung Pemerintah Indonesia untuk mempercepat akses ke pasokan air, sanitasi, dan kebersihan yang dikelola dengan aman.

Di tingkat nasional, upaya ini difokuskan dengan melakukan advokasi tingkat tinggi dan kemauan politik bersama dengan menyelaraskan kebijakan dan program WASH dengan realitas dasar dan memastikan bahwa kebijakan didasarkan pada informasi dan data yang andal dan terkini.

Dukung Program UNICEF Untuk Anak-Anak Indonesia

Nah sekarang bagaimana kita sebagai masyarakat ikut mendukung program dan upaya UNICEF di Indonesia? Ya tentunya kita bisa mendukungnya melalui donasi yang dibuka untuk umum. Perlu bro-sis ketahui bahwa kita sebagai masyarakat bisa melakukan donasi untuk anak-anak Indonesia melaui UNICEF dengan mudah loh.

Donasi tersebut bisa dilakukan melalui online, donasinya pun ada donasi jangka panjang dan juga donasi satu kali. Jika bro-sis melakukan donasi jangka panjang jangan khawatir, Cara Berhenti Donasi UNICEF juga mudah dilakukan kok.
Baca selengkapnya: 2 Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia 100% Mudah
Nah itulah artikel Belajar Tekno Sistem pada kali ini mengenai Upaya UNICEF di Indonesia. Semoga bisa menginspirasi kita semua dan makin peduli dengan lingkungan di sekitar kita termasuk anak-anak.
Lebih baru Lebih lama